Program Penguatan Pendidikan dan Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan melalui keterampilan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) di Provinsi Jawa Timur
Indonesia adalah rumah bagi sekitar 270 juta orang . Menurut Badan Pusat Statistik Nasional (Badan Pusat Statistik). bonus demografi Indonesia – dimana jumlah kelompok usia produktif lebih banyak daripada jumlah kelompok usia non produktif – akan mencapai puncaknya pada tahun 2037. Namun, situasi sebaliknya dapat terjadi karena masih ada tantangan dalam menumbuhkan kapasitas manusia, termasuk pengembangan keterampilan, dari penduduk muda di negara tersebut.
Pandemi COVID-19 telah menunda transisi ke angkatan kerja dari 7 juta lulusan baru dari universitas dan pendidikan menengah atas. Saat ini, hanya sekitar 57 persen tenaga kerja negara yang menyelesaikan pendidikan menengah pertama (pendidikan dasar sembilan tahun), mempersulit banyak remaja untuk beralih ke masa dewasa dan pekerjaan yang layak.
Banyak remaja perempuan dan laki-laki menghadapi tantangan setelah mereka lulus dari pendidikan menengah, dengan sekitar 29 persen perempuan dan 20 persen laki-laki berusia 15-24 tahun tidak dalam pendidikan, pekerjaan atau pelatihan (NEET) . Terkait anak tidak sekolah, diperkirakan ada 4,1 juta anak putus sekolah di Indonesia. Dalam lingkungan dunia yang cepat berubah seperti globalisasi, teknologi baru, dan pasar tenaga kerja yang terus berubah, kaum muda perlu dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan untuk bekerja, kewarganegaraan, dan kehidupan di abad ke-21; untuk menavigasi tantangan tak terduga dan mengeluarkan potensi mereka.
Menurut studi Keterampilan untuk Masa Depan UNICEF baru-baru ini, kompetensi yang paling penting untuk remaja masa depan adalah kreativitas, pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan digital. Namun, banyak remaja merasa mereka tidak mengembangkan keterampilan ini melalui pendidikan mereka. Temuan ini sejalan dengan responden sektor swasta dalam penelitian ini, yang menyoroti kurangnya keterampilan yang dapat ditransfer (yaitu, keterampilan khusus pekerjaan, keterampilan kewirausahaan, keterampilan digital) di antara karyawan baru. . Studi ini juga menemukan bahwa kesempatan belajar yang ada tidak mempersiapkan remaja dengan keterampilan yang dibutuhkan dan relevan dengan tuntutan industri.
Dengan pesatnya perkembangan dunia digital, pekerjaan saat ini membutuhkan berbagai keterampilan digital. Literasi digital dasar sangat penting untuk kelayakan kerja dan keterampilan digital tingkat lanjut diperlukan untuk banyak jalur karier. Pekerja dengan keterampilan digital khusus dan yang memiliki setidaknya ijazah SMA lebih banyak diminati. Literasi digital telah menjadi prasyarat bagi kaum muda untuk bersaing di pasar tenaga kerja pandemi dan pasca pandemi.
Referensi :
- https://www.unicef.org/indonesia/education/reports/skills-future
- https://www.unicef.org/indonesia/media/6226/file/Skills%20for%20the%20future%20(brief).pdf
- https://www.unicef.org/indonesia/media/6221/file/Study%20on%20skills%20for%20the%20future%20in%20Indonesia.pdf
- https://www.blibli.com/faq/topic/blibli-mitra/tentang-blibli-mitra/#list_4
- https://www.aturtoko.id/en/cara-jualan-di-blibli/mengenal-blibli-mitra-sarana-usaha-mikro-berbisnis-melalui-teknologi-digital
- https://smeru.or.id/sites/default/files/events/press_release_developing_digital_skills_in_indonesia.pdf
- file:///C:/Users/ASUS/Downloads/rr_digital_skills_draf_eng.pdf
- file:///C:/Users/ASUS/Downloads/final_strategy_primer_clean.pdf
- https://smeru.or.id/en/research/digital-upskilling-indonesia
- https://www.unicef.org/innovation/UPSHIFTcurriculum
- https://www.unicef.org/innovation/sites/unicef.org.innovation/files/2020-06/UPSHIFT%20PHASE%201%20-%20Social%20Innovation%20Skills.pdf
- https://www.unicef.org/innovation/sites/unicef.org.innovation/files/2020-06/UPSHIFT%20Phase%202%20-%20Social%20Venture_0.pdf
- https://www.unicef.org/innovation/sites/unicef.org.innovation/files/2020-06/UPSHIFT%20PHASE%201%20-%20Social%20Innovation%20Skills.pdf
- https://www.unicef.org/indonesia/reports/situation-analysis-digital-learning-indonesia
- https://www.unicef.org/indonesia/media/9956/file/Situation%20Analysis%20on%20Digital%20Learning%20in%20Indonesia.pdf
- https://www.unicef.org/indonesia/media/10531/file/Strengthening%20Digital%20Learning%20across%20Indonesia:%20A%20Study%20Brief.pdf

Tidak ada komentar:
Posting Komentar